Senin, 17 Juni 2013

Embung Nglanggeran: Keajaiban Kecil di Puncak Bukit, di Bawah Langit


Salah jika menebak pemandangan cantik di atas adalah milik sebuah pantai. Pemandangan itu bahkan berada jauh dari pantai. Sebaliknya hamparan air beratapkan langit berawan tersebut berada di sebuah puncak bukit pada ketinggian hampir 700 meter di atas permukaan laut.

Embung Nglanggeran, itulah nama dari sebuah tempat di Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan-pemandangan indah itu. Embung atau telaga buatan ini mengkonservasi air dari berbagai sumber seperti mata air dan air hujan dengan menampungnya di atas perbukitan Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. 

Seberapa cantik tempat ini?.  Tempat ini lebih dari sekedar cantik. Setelah menaiki anak tangga yang cukup tinggi, embung ini akan menyajikan “dua lukisan” yang sangat kontras. Di satu sisi Embung Nglanggeran memiliki tembok berupa barisan bongkah batu berukuran raksasa yang menjadi bagian dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Sementara di sisi lainnya tempat ini bagaikan berada langsung di bawah atap langit. Awan-awan  menggantung di langit yang menaungi dataran hijau yang tak terlalu lebat membuat Embung Nglanggeran menyajikan pemandangan yang tak biasa untuk sebuah puncak bukit yang kering. 







Bagaikan cawan air raksasa, embung yang berukuran sekitar 70x60 meter ini menjadi keajaiban kecil dari sebuah bukit berbatu yang awalnya dianggap mati menjadi sebuah tempat yang menyenangkan hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Populer

BERANDA