Langsung ke konten utama

TENTANG KAHITNA, TENTANG SURATAN

Menyebut nama KAHITNA ingatan orang tak akan jauh dari tembang cinta. Grup band yang dibentuk di Bandung 27 tahun silam ini memang sudah lama dinobatkan sebagai juragan lagu cinta. KAHITNA yang dipimpin oleh Yovie Widianto juga tak pernah asal mengeluarkan lagu. Selain memiliki pakem dalam hal syair dan lirik, KAHITNA juga memiliki genre musiknya sendiri yakni “Pop KAHITNA”.

Membahas KAHITNA tak cukup sebatas pada syair lagunya yang manis, romantis dan menghadirkan sejuta cinta. KAHITNA juga dikenal sebagai band pop yang selalu berhasil menyuguhkan musik berkelas. Jika untuk urusan vokal KAHITNA memiliki barisan vokalis terbaik di negeri ini, maka untuk urusan aransemen musik, KAHITNA diakui sebagai band yang berwibawa berkat aransemennya yang selalu rapi.

Dari sekian banyak lagu KAHITNA, ada beberapa lagu yang boleh diambil untuk menyimak seperti rapinya band ini. Selain 2 super hits Cerita Cinta dan Cantik, ada 5 lagu KAHITNA yang dapat menjadi referensi untuk membaca warna musik pop KAHITNA.

Andai Dia Tahu
Ini adalah salah satu tembang abadi sekaligus “lagu kebangsaan” bagi mereka yang sedang dan pernah merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Dua hal yang paling menancap dari lagu ini adalah syair penutupnya : “andai dia tahu....” dan petikan gitar intro lagu yang menirukan syair pembukanya : “bilakah dia tahu apa yang tlah terjadi..”. Dan setelah syair pembuka tersebut lagu ini mengalun indah dengan iringan musik yang sangat manis. Petikan gitar dan perkusi terdengar menonjol mengiringi sepanjang lagu. Sementara piano Yovie mengalun manis secara diam-diam. Denting piano mungkin hanya terdengar lebih dominan di beberapa bagian. Namun menurut saya itulah yang membuat Andai Dia Tahu semakin manis karena bunyi pianonya dimunculkan di bagian-bagian yang mengunci lagu tersebut.

Sampai Nanti
Mendengarkan lagu ini orang akan dengan mudah menangkap ciri khas musik KAHITNA yang membedakan mereka dengan kebanyakan band pop lainnya. Lagu yang ada di album Sampai Nanti tahun 1998 ini sangat kuat mencerminkan musik pop KAHITNA yang identik dengan eksplorasi piano dan perkusi dipadukan secara manis dengan instrumen lainnya dalam kord unik. Meski dimainkan secara big band, aransemen yang rapi menjadikan lagu dan musik Sampai Nanti tidak terdengar “berisik”.

Tetap Kekasihmu
Tembang ini ada di album ke-6 KAHITNA yang berjudul Soulmate. Meski bukan nomor unggulan dalam album tersebut, Tetap Kekasihmu sangat manis di telinga dan cocok didengarkan dalam segala suasana. Satu rasa dengan Sampai Nanti, beat lagu ini sanggup menuntun pendengar untuk ikut merasakan dan menyelami makna lagu terrsebut. Jika suara vokalisnya diredam, instrumen Tetap Kekasihmu terdengar sangat catchy. Bunyi perkusi yang menonjol menemani piano Yovie Widianto yang memang juara. Seperti sudah menjadi pakem KAHITNA, musik yang mengiringi Tetap Kekasihmu secara umum mengikuti melodi pianonya.

Aku Dirimu Dirinya
Ini adalah lagu yang jika dimainkan instrumennya saja, menjadi tembang yang paling manis menurut saya. Aku Dirimu Dirinya adalah hits KAHITNA yang lahir dari album Soulmate pada tahun 2006. Denting piano, alunan accordion dan pukulan drum menghadirkan iringan musik yang sepintas patah-patah namun mengalun indah. Musik yang mengiringi lagu ini memang sangat didominasi denting piano. Denting pianonya bahkan seakan mengunci Aku Dirimu Dirinya sebagai lagu yang “KAHITNA banget”.

Tentang Suratan...Dia Untukmu Adanya Tak Akan Aku Sesali...Cinta Takkan Salah....”

Mantan Terindah
Telinga dan perasaan saya menangkap kesan yang serupa ketika mendengarkan Mantan Terindah dan Aku Dirimu Dirinya. Bukan karena liriknya tapi karena sensasi musik pengiringnya yang sangat manis. Namun sentuhan instrumen ala orkestra terdengar lebih kuat di lagu ini dibanding Aku Dirimu Dirinya yang sangat big band. Iringan Mantan Terindah sangat berkelas dan mengalun seperti komposisi yang sengaja dibuat sebagai nomor instrumental . Aransemen Mantan Terindah mewakili wibawa KAHITNA sebagai band dengan aransemen musik paling rapi di Indonesia. Bukan sesuatu yang mengada-ada karena lagu ini memang meraih penghargaan AMI Award sebagai lagu dengan aransemen terbaik.


KAHITNA memang tak pernah melahirkan karya secara asal-asalan. Syair mereka tak pernah pasaran. Musiknya pun selalu rapi dan tak pernah murahan. Seperti penggalan akhir lagu Mantan Terindah, mendengarkan KAHITNA selalu bisa membuat semua orang “susah lupa”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MILO CUBE, Cukup Dibeli Sekali Kemudian Lupakan

Alkisah, gara-gara “salah pergaulan" saya dibuat penasaran dengan Milo Cube. Akhirnya saya ikutan-ikutan membeli Milo bentuk kekinian tersebut.   Milo Cube (dok. pri). Oleh karena agak sulit menemukannya di swalayan dan supermarket, saya memesannya melalui sebuah marketplace online . Di berbagai toko online Milo Cube dijual dengan harga bervariasi untuk varian isi 50 cube dan 100 cube. Varian yang berisi 100 cube yang saya beli rentang harganya Rp65.000-85.000.   Pada hari ketiga setelah memesan, Milo Cube akhirnya tiba di tangan saya. Saat membuka bungkusnya saya langsung berjumpa dengan 100 kotak mungil dengan bungkus kertas hijau bertuliskan “MILO” dan “ENERGY CUBE”. Ukurannya benar-benar kecil. Satu cube beratnya hanya 2,75 gram, sehingga totalnya 275 gram.   Milo Cube yang sedang digandrungi saat ini (dok. pri). "Milo Kotak", begitu kira-kira terjemahan bebas Milo Cube (dok. pri). Tiba saatnya unboxing . Milo Cube ini berupa bubu

Sewa iPhone untuk Gaya, Jaminannya KTP dan Ijazah

Beberapa waktu lalu saya dibuat heran dengan halaman explore instagram saya yang tiba-tiba menampilkan secara berulang iklan penawaran sewa iPhone. Padahal saya bukan pengguna iPhone. Bukan seorang maniak ponsel, tidak mengikuti akun seputar gadget, dan bukan pembaca rutin konten teknologi. iPhone (engadget.com). Kemungkinan ada beberapa teman saya di instagram yang memiliki ketertarikan pada iPhone sehingga algoritma media sosial ini membawa saya ke konten serupa. Mungkin juga karena akhir-akhir ini saya mencari informasi tentang baterai macbook. Saya memang hendak mengganti baterai macbook yang sudah menurun performanya. Histori itulah yang kemungkinan besar membawa konten-konten tentang perangkat Apple seperti iphone dan sewa iPhone ke halaman explore instagram saya. Sebuah ketidaksengajaan yang akhirnya mengundang rasa penasaran. Mulai dari Rp20.000 Di instagram saya menemukan beberapa akun toko penjual dan tempat servis smartphone yang melayani sewa iPhone. Foto beberapa pelanggan

Berjuta Rasanya, tak seperti judulnya

“..bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu..” 14 Mei lalu saya mengunjungi toko buku langganan di daerah Gejayan, Yogyakarta. Setiba di sana hal yang pertama saya cari adalah majalah musik Rolling Stone terbaru. Namun setelah hampir lima belas menit mencarinya di bagian majalah saya tak kunjung mendapatinya. Akhirnya saya memutuskan untuk berjalan-jalan menyusuri puluhan meja dan rak lainnya. Jelang malam saya membuka tas dan mengeluarkan sebuah buku dari sana. Bersampul depan putih dengan hiasan pohon berdaun “jantung”. Sampul belakang berwarna ungu dengan beberapa tulisan testimoni dari sejumlah orang. Kembali ke sampul depan, di atas pohon tertulis sebuah frase yang menjadi judul buku itu. Ditulis dengan warna ungu berbunyi Berjuta Rasanya . Di atasnya lagi huruf dengan warna yang sama merangkai kata TERE LIYE . Berjuta Rasanya, karya terbaru dari penulis Tere Liye menjadi buk