Selasa, 26 Agustus 2014

Kami soulmateKAHITNA!


soulmateKAHITNA
Gambar di atas adalah logo yang menempel pada kaus yang dikenakan oleh sejumlah orang pada konser 26 Tahun KAHITNA di Gedung Kesenian Jakarta, Juli 2012 silam. Sebenarnya istilah logo soulmateKAHITNA tidak terlalu akurat karena sepengetahuan saya soulmateKAHITNA sendiri belum atau tidak pernah menggunakan antribut-atribut resmi termasuk tanggal terbentuk dan logo "perkumpulan". Bahkan soulmateKAHITNA mungkin kurang pas  disebut sebagai perkumpulan karena lebih terlihat seperti gerombolan atau komunitas. Namun, karena logo yang saya buat di atas sudah digunakan dan dikenal oleh sebagian orang maka kali ini saya meminjamnya untuk menyebutnya sebagai "logo soulmateKAHITNA", setidaknya untuk tulisan ini.

7 Juni 2012, saya mendapatkan sejumlah panggilan tak terjawab di HP yang kemudian disusul dengan sms dari mbak Safitri Wardhani, wanita yang oleh banyak soulmateKAHITNA dipanggil "bunda". Isi smsnya adalah meminta masukan ide tentang logo soulmateKAHITNA. Singkat cerita sayapun menyanggupi permintaan mba Fitri untuk memikirkan logo soulmateKAHITNA.

Saat itu juga saya segera memikirkan benang merah yang tepat antara logo yang akan saya buat dengan logo KAHITNA. Tak lupa saya melihat kembali beberapa logo yang sudah saya buat sebelumnya dan sempat diupload ke facebook. 

Tak perlu waktu lama untuk menentukan desain awal. Saya memutuskan untuk menggunakan style huruf yang mirip dengan logo KAHITNA. Hasilnya hari itu juga saya langsung mengirimkan beberapa contoh logo, kalau tidak salah 8 logo, ke email mbak Fitri. Semua logo di tulisan ini adalah sejumlah logo  yang saya kirimkan ke mba Fitri hari itu.


Ketika mengirimkan logo saat itu saya juga menitipkan rekomendasi logo yang saya suka, yaitu  logo di bawah ini. Bentuk hati berwarna merah berukuran besar dengan tulisan soulmate tercetak tebal di tengahnya. Di pojok kiri bawah saya tuliskan nama KAHITNA yang bagi saya harus ada sebagai bagian tak terpisahkan dari soulmate. Desainnya  memang agak lebay tapi saat itu saya menyukainya.
Beberapa jam kemudian mba Fitri kembali memberikan kabar lewat email. Ia meminta saya untuk sedikit merombak satu di antara sejumlah logo yang saya kirim sebelumnya dengan memanjangkan bagian kaki dari huruf "m" dan menambahkan nama KAHITNA di bagian manapun.

Hal yang mudah untuk memanjangkan kaki huruf "m" tapi agak sulit untuk  memikirkan bentuk dan letak "KAHITNA" pada logo "soulmate". Hal pertama yang saya pikirkan adalah tulisan KAHITNA tak boleh lebih besar dan harus lebih kecil dari tulisan soulmate. Saat itu saya berpikir betapapun kuatnya pengaruh KAHITNA bagi soulmate, sebuah logo harus menampilkan identitas pemiliknya dan saya ingin nama soulmate menjadi titik perhatian dari logo itu nantinya. Bagi saya jika nama KAHITNA ditulis sama besar atau sejajar dengan tulisan soulmate maka orang yang melihatnya nanti tak akan peduli dengan soulmate karena nama KAHITNA pasti akan lebih menarik perhatian mereka. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis nama KAHITNA dengan ukuran huruf yang kecil namun dengan warna yang kontras dengan warna tulisan soulmate. Hitam dan Merah saya anggap cukup serasi. 

Saya lalu mencoba menuliskan KAHITNA dengan bentuk huruf yang  mirip dengan model huruf logo KAHITNA. Namun setelah  terangkai saya melihatnya sebagai sesuatu yang tidak pas. Cukuplah bentuk tulisan soulmate yang dibuat mirip, tapi KAHITNA harus ditulis berbeda. Sekali lagi saya ingin orang yang melihatnya lebih memperhatikan "soulmate" daripada memindahkan logo KAHITNA ke dalam logo soulmate.

Saya akhirnya menulis KAHITNA dengan model huruf yang sangat standar dan tidak istimewa. Tulisan itu saya letakkan di sudut kiri dengan jarak yang sangat dekat dengan tulisan soulmate mengadopsi keterikatan antara KAHITNA dengan soulmate namun tetap  menonjolkan jati diri soulmate yaang utama. Jika di panggung KAHITNA sudah sering unjuk diri dengan berkata "Kami adalah KAHITNA!", maka kali ini saya ingin logo soulmateKAHITNA menjadi logo yang juga berbicara serupa yaitu : "kami soulmateKAHITNA!!".

Ya, betapapun kuat dan dekatnya KAHITNA dengan penggemarnya, ketika membuat logo tersebut saya  berkehendak soulmate yang tampil, bukan KAHITNA nya. .Logo itu akhirnya diterima mba Fitri dan saya segera mengirimkan file resolusi tinggi untuk keperluan cetak. Mengenai alasan dan dasar pemilihan logo itu dari 8 logo saya tak tahu, mungkin mba Fitri lebih tahu.  Saya senang akhirnya ada logo soulmateKAHITNA yang bisa dilihat banyak orang di konser malam itu. Dan meski saya tak ada di konser tersebut, tapi saya bahagia untuk logo  itu.

Kami soulmateKAHITNA!

1 komentar:

  1. Keren mas..! Minta izin save logonya ya, karena saya jg SoulmateKahitnaa 💕

    BalasHapus

Cerita Populer

BERANDA